Index

Perkim Ikuti Sosialisasi Penyediaan Sistem Pengelolaann Air Limbah Terpusat Skala Perkukiman

  • Bagikan
Perkim Ikuti Sosialisasi Penyediaan Sistem Pengelolaann Air Limbah Terpusat Skala Perkukiman


*Harap Program Sanitasi Aman Kota Banda Aceh Bisa Terwujud

Banda Aceh – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh mengikuti sosialisasi Penyediaan Sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat Skala Permukiman, Di Aula Dinas PUPR Kota, Senin (26/2/2024).

Kadis Perkim Kota Banda Aceh Bukhari Sufi, S.Sos, M.Si melalui Kabid Perumahan Edwyn Aksa, ST, MT mengatakan bahwa Sosialisasi Penyediaan Sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat Skala Permukiman sangat penting mengingat kondisi saat ini.

“Septic tank yang dibangun secara mandiri oleh warga belum sepenuhnya kedap dan Septik sehingga Limbah cair dari black water yang dihasilkan oleh Septic tank yang tidak kedap terinfiltrasi ke tanah sehingga menjadi sumber Penyakit,” katanya.

“Dengan adanya sosialisasi ini memungkinkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ada di Gampong ikut andil dan ikut serta dalam membangun serta mengelolah Septic tank anti septic yang memenuhi Standar baku mutu Septic tank aman dan tentu Kedap,” tambah Edwyn.

Kata Edwyn, pada tahun ini pihaknya melihat ada upaya dari Dinas PUPR Kota Banda Aceh diswakelolakan melalui Tim Pelaksana Swakelola – Kelompok Swadaya Masyarakat (TPS-KSM)  di 16 Gampong di Kota Banda Aceh.

“Kegiatan ini bersumber dari DAK Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2024. Harapan kami semoga program dan kegiatan ini dapat berjalan sehingga program Pemko Banda Aceh dengan menggalakkan sanitasi aman terwujud. Tentunya dengan kolaborasi dan dukungan seluruh pihak yang terlibat,” harapnya. (Hz)

  • Bagikan
Exit mobile version