Index

Dukung Akuntabilitas Data Dinas, Tim Betadin Bappeda Banda Aceh Sambangi DP3AP2KB

  • Bagikan
Dukung Akuntabilitas Data Dinas, Tim Betadin Bappeda Banda Aceh Sambangi DP3AP2KB

Banda Aceh – Dalam upaya memahami lebih jauh mengenai dinamika pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana, Tim Efektif Betadin Bappeda Kota Banda Aceh pada Jumat lalu (04/10/2024) telah berkunjung ke DP3AP2KB Kota Banda Aceh. Pertemuan berlangsung di ruang rapat kepala dinas setempat.

Pada Kesempatan ini Kepala DP3AP2KB Cut Azharida, SH mendukung penuh atas kedatangan Tim Efektif Bappeda untuk sama-sama belajar memahami bagaimana data-data terkait pelaksanaan tugas dan fungsi dinas dikumpulkan, dikelola serta digunakan dalam membangun akuntabilitas kinerja dinas.

Pertemuan juga dilanjutkan dengan pemaparan aplikasi oleh masing-masing kepala bidang terkait, diantaranya aplikasi Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA) yaitu aplikasi terintegrasi untuk melakukan pencatatan dan pelaporan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ditangani UPTD PPA DP3AP2KB Kota Banda Aceh. 

Pada aplikasi tersebut juga dapat dilihat tindaklanjut hasil penanganan terhadap para korban tindak kekerasan.

Selain SIMFONI, sempat dibahas pula aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA), Sistem Informasi Keluarga (New SIGA) Bidang KB, serta aplikasi ALADIN dan ALAMANDA yang terkait dengan perencanaan dan pelaporan kegiatan bersumber Dana Alokasi Khusus Non Fisik bidang KB dan bidang PPPA (DAK-NF)

Open Misbah, S.ST.,MPS.Sp selaku action leader Tim Efektif Betadin menyarankan agar kedepannya dinas terus mempublikasikan informasi dari hasil sistem data yang tersedia, sebagai bentuk akuntabilitas sekaligus memudahkan dalam akses informasi publik, serta membuka ruang curhat bagi dinas untuk mengungkapkan berbagai kendala dan kebutuhan dalam pelaksanaan tugas.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Cut Azharida, SH dan jajarannya atas fasilitasi kegiatan ini serta sajian sarapan lontong paginya,” tutupnya.(Hus/Hz)

  • Bagikan
Exit mobile version