Tim Efektif Betadin Bappeda Diskusi Sistem Data di Dinas P2KP

  • Bagikan
Tim Efektif Betadin Bappeda Diskusi Sistem Data di Dinas P2KP

Banda Aceh – Melanjutkan pelaksanaan aksi perubahannya, Tim Efektif Pembelajaran Sistem Data Dinas (BETADIN) mengikuti sharing session bersama jajaran Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DP2KP), bertempat di Aula Gedung A dinas setempat pada Selasa (9/10/2024).

Pertemuan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Amir Syarifuddin, S.Pi bersama Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan, Kepala Bidang Perikanan beserta staf dan enumerator aplikasi.

Dalam sambutannya, Amir Syarifuddin, S.Pi menyatakan telah memberikan daftar aplikasi aktif yang digunakan oleh Dinas P2KP yang mewakili setiap bidang dan menyiapkan SDM pengelola data aplikasi untuk membuka dan menjelaskan tentang aplikasi dimaksud. Tim Efektif dipersilahkan memilih dan menentukan aplikasi mana yang ingin dipelajari.

Action Leader dari Tim Efektif Open Misbah, S.ST.,MPS.Sp, juga selaku Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan SDM dan Keistimewaan Bappeda menyampaikan ucapan terimakasih atas kesedian dinas memfasilitasi pertemuan, serta menyampaikan tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut.

Berturut-turut dibahas dan didiskusikan tentang aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (SIMLUHTAN), Sistem pengelolaan Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan (KUSUKA), serta aplikasi Panel Harga Pangan yang berisi data dan informasi tentang harga pangan pokok strategis tingkat produsen dan tingkat konsumen pada level nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Dari sesi diskusi tersebut dapat disimpulkan bahwa bidang-bidang di Dinas P2KP telah melaksanakan pekerjaan berbasis digital, dimana semua data dan informasi baik pelaku usaha perorangan, kelompok dan kelembagaan tercatat dengan baik melalui aplikasi yang kemudian disajikan menjadi informasi pada dashboard tiap aplikasi tersebut sebagai data resmi.

Pada kesempatan itu, disampaikan pula kebutuhan untuk pemenuhan Sumber Daya Manusia serta sarana prasarana pendukung di Dinas P2KP.

Menutup pertemuan, action leader Tim Efektif mengapresiasi tata kelola data di dinas serta menyarankan agar Dinas P2KP melakukan diskusi-diskusi internal sebagai persiapan penyusunan dokumen rencana 5 tahunan atau Rencana Strategis (Renstra) Dinas P2KP tahun 2025-2029. Kegiatan hari ini kemudian diakhiri dengan kunjungan singkat ke kebun-kebun percontohan di area kantor dinas.(Hus/Hz)

  • Bagikan