Wakili Pj Bupati, Kadis Pangan Aceh Besar Hadiri Pembukaan Meuseuraya Festival

  • Bagikan
Kadis Pangan Aceh Besar Alyadi SPi MM menghadiri pembukaan event Meuseuraya Festival, di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Jumat, (18/10/2024). FOTO/ MC ACEH BESAR

BANDA ACEH – Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Kepala Dinas (Kadis) Pangan Kabupaten Aceh Besar Alyadi SPi MM menghadiri Pembukaan event Meuseuraya Festival, yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Dr H Safrizal ZA MSi, di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Jumat (18/10/2024).

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Aceh Safrizal, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya, festival ini menjadi wadah penting dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Aceh untuk meningkatkan kualitas usahanya. Safrizal menekankan pentingnya dukungan bagi UMKM, mengingat sektor ini menyumbang 95 persen perekonomian negara.

“UMKM perlu terus didukung, sebab 95 persen penopang ekonomi negara ini ada pada sektor UMKM,” ujarnya.

Selain mengajak industri perbankan untuk berperan lebih aktif dalam membantu UMKM, baik melalui pembiayaan maupun pendampingan usaha. Safrizal juga menyampaikan rencana untuk mengembangkan sektor nilam dan kelapa sawit sebagai produk unggulan Aceh. Ia berencana membangun pabrik minyak nilam dan mendorong pendirian pabrik minyak goreng, meminta perbankan mempermudah kredit bagi investor.

“Minyak nilam Aceh memiliki kualitas terbaik di dunia, namun produk olahan yang dihasilkan selama ini belum berskala nasional maupun internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Rony Widijarto P mengungkapkan, Meuseuraya Festival merupakan bentuk dukungan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh melalui pengembangan UMKM, terutama di sektor pangan. Menurut Rony, potensi sumber daya alam Aceh yang melimpah perlu diolah lebih lanjut untuk memberikan nilai tambah.

“Kami melakukan upaya bersama untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam Aceh dengan mengembangan UMKM, khususnya di bidang pangan,” ujarnya.

Sebagai informasi lainnya, Meuseuraya Festival berlangsung dari 14 hingga 20 Oktober 2024 di Gelanggang USK dan Suzuya Mall Banda Aceh, dengan berbagai UMKM Aceh yang memamerkan produk-produk unggulan mereka.(*)

  • Bagikan