Audit RBA, Kementerian PPPA Tinjau Hutan Kota Tibang

  • Bagikan
Audit RBA, Kementerian PPPA Tinjau Hutan Kota Tibang


Banda Aceh – Witness Audit Standarisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Anak (RBA), Auditor Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (KPPPA) meninjau Hutan kota Tibang Banda Aceh pada Kamis (14/12/2023).

Heru salah satu tim auditor KPPPA menyampaikan bahwa sebanyak 13 persyaratan yang harus dipenuhi pemerintah daerah untuk memenuhi standarisasi ruang bermain ramah anak dalam penilaian Kota Layak Anak (KLA) .

“Intinya RBA harus memberikan kepastian jaminan bagi anak agar anak dapat bermain secara nyaman, aman, tidak diskriminatif dan gratis” ungkap Heru.

” Jadi 13 persyaratan tersebut semuanya untuk kepentingan memberikan jaminan kepada anak dari sisi keselamatan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala DP3AP2KB Banda Aceh Cut Azharida, SH yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Risda Zuraida, SE menjelaskan bahwa audit ini merupakan audit lanjutan yang sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2019. Kemudian pada tahun 2023 diajukan kembali untuk sertifikasi RBA sebagai salah satu indikator wajib yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah yang telah mencapai penghargaan kategori Nindya.

“Harapannya melalui pengelolaan OPD terkait bisa mengembangkan indikator dan persyaratan RBA ini di ruang terbuka hijau lainnya sehingga semakin banyak anak-anak di Kota Banda Aceh yang punya ruang untuk bermain,” harap Risda.

“Karena dari sisi perkembangan anak bermain itu punya banyak manfaat untuk membangun kecerdasan anak misalnya, motorik, kecerdasan emosional, sosial dan juga di RBA anak-anak tidak sekedar datang dan bermain tapi juga diharapkan ada program atau kegiatan positif yang didapatkan oleh anak dan orang tua ketika mengunjungi RBA,” pungkas Risda.

Harapannya masyarakat dan orang tua mengajak anaknya bermain dan menjaga kondisi di RBA sehingga RBA bisa bertahan dan dimanfaatkan lebih lama.

Saat ini Hutan Kota Tibang juga telah dilengkapi dengan pojok baca yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh.(Hus/Hz)

  • Bagikan